Santri Balekambang Juara 2 Reportase Nasional

MAGELANG-Santri Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah, yaitu Syihabul Fikri kelas XI SMK Roudlotul Mubtadiin berhasil meraih juara 2 dalam lomba Reportase Kegiatan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional Tengah yang diselenggarakan oleh PP LP. Ma’arif NU pada Ahad-Sabtu, 17-23 September 2017 di Lapangan Tembak Akmil Magelang.

Reportase Kegiatan berjudul Ma’arif NU Setia NKRI yang dibuat oleh Erik “panggilan akrab” Syihabul Fikri terebut berhasil menarik perhatian juri, serta masuk 2 besar dalam ajang lomba tersebut. Kejuaraan itu menambah daftar panjang prestasi yang berhasil diraih para santri Pondok Pesantren Balekambang.

“Kita bangga bisa meraih juara, meski hanya sebagai juara 2,” kata Erik, Jum’at (22/09/2017).

Dikatakan, dari 34 Provinsi yang mengikuti lomba itu berhasil terpilih tiga reportase kegiatan terbaik, yaitu reportase yang dibuat oleh kontingen Pasuruan Jawa Timur, Jepara Jawa Tengah dan Depok Jawa Barat.

Menurutnya, ajang lomba itu dinilai bagus dan positif. Kegiatan itu bisa membangkitkan gairah semangat belajar jurnalis bagi para peserta didik dan mendapatkan pengalaman dalam reportase kejurnalistikan.

Dengan ajang lomba itu, diharapkan tidak saja sebagai ajang untuk mengembangkan bakat jurnalistik pada peserta didik,” harapnya.

Salah satu pembina pendamping, Muhammad Ali Subkan menuturkan, kontingen Jepara sebetulnya memiliki banyak kesempatan untuk menyabet juara, diantaranya pada kategori olimpiade sako dan aswaja, tetapi pada perebutan 15 besar mereka belum beruntung. (bbq-25)